Identifikasi Kesulitan Menyelesaikan Soal Penggunaan Rumus-Rumus Trigonometri Jumlah dan Selisih Dua Sudut Kelas XI Di MAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika

Main Author: Norbaity, Norbaity
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/4693/1/BAB%20I-V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4693/
Daftar Isi:
  • Norbaity. 2012. Identifikasi Kesulitan Menyelesaikan Soal Penggunaan Rumus-Rumus Trigonometri Jumlah dan Selisih Dua Sudut Kelas XI Di MAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (1) Drs. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd (II) Analisa Fitria, S.Pd, M.Si. Trigonometri merupakan salah satu materi pada mata pelajaran matematika di tingkat sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Sebagian siswa sekolah menengah atas/madrasah aliyah masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep maupun mengingat rumus-rumus yang terdapat dalam trigonometri. Oleh karena itu, diperlukan suatu identifikasi kesulitan siswa secara spesifik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penggunaan rumus-rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut kelas XI di MAN 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena data yang diolah berupa angka-angka yang dianalisis secara statistik menggunakan persentasi yang dikaitkan dengan tingkat penguasaan dengan kualifikasi yang ditentukan. Adapun subjek penelitian berjumlah 108 orang dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal penggunaan rumus-rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut adalah soal nomor 4 dengan tingkat penguasaan soal sebesar 59,06% dan langkah pertama yaitu menggambar/mensketsa segitiga siku-siku dan menentukan letak panjang sisi-sisi yang diketahui pada segitiga tersebut(dengan memperhatikan posisi sudut pada gambar) dengan tingkat penguasaan siswa berdasarkan langkah ini hanya sebesar 51,67%.