Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin
Daftar Isi:
- Mira. 2015. Skripsi, Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Jurusan Kependidikan Islam/Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ahmad Salabi, S. Ag, M. Pd Penelitian ini menggambarkan bahwa pola asuh permisif adalah pola asuh dimana tidak ada control dari orangtua terhadap perilaku anak, sehingga anak memiliki kebebasan yang longgar dalam memilih dan menjalankan aktivitasn dalam hidupnya. Memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan sesuatu tanpa pengawasan yang cukup dari orang tuanya, anak cenderung melakukan tanpa memiliki pertimbangan yang sesuai norma dan nilai yang berlaku. Seseorang yang berdisiplin tentu akan melaksanakan segala aktifitas dalam hidupnya dengan tertib, teratur dan terencana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh permisif orang tua di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, bagaimana kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, dan adakah hubungan pola asuh permisif orang tua terhadap kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh permisif orang tua di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, untuk mengetahui kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, dan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif orang tua terhadap kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian untuk mewakili populasi penelitian ini adalah 92 orang. Untuk menggumpulkan data dari data pola asuh permisif dan data kedisiplinan siswa dengan menggunakan angket/skala. Pengolahan data dengan menggunakan teknik editing, skoring, tabulating dan interpretasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah tabel kerja Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pola asuh permisif orang tua di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin berada pada tingkat tinggi dan rata-rata 68,82 dengan frekuensi siswa 71 orang dan prosentase 77,17 %, kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin berada pada tingkat tinggi dan rata-rata 72,34 dengan frekuensi siswa 86 orang dan prosentase 93,47 %, dan hubungan pola asuh permisif orang tua terhadap kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin dengan subjek 92 orang, pada pada taraf signifikan 1 % = 0,267 maka didapatkan hasil uji hipotesis rxy = 0,229 < rt = 0,267 (taraf signifikan 1 %). Berdasarkan ketentuan uji hipotesis yang telah ditentukan, maka hipotesis alternative (Ha) ditolak. Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang tidak signifikan pada kategori rendah antara pola asuh permisif orang tua terhadap kedisiplinan siswa.