Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Metakognisi merupakan suatu proses membangkitkan minat sebab seseorang menggunakan proses kognitif untuk merenungkan proses kognitif merekasendiri. Metakognisi sangat penting karena pengetahuan tentang proses kognitif dapat menuntun siswa di dalam menyusun dan memilih strategi untuk memperbaiki kinerja positif. Kemampuan metakognisi yang diteliti dalam penelitian ini mencakup mengembangkan perencanaan, mengadakan monitoring, dan mengevaluasi hasil.Tujuan penelitian ini adalah menganalisiskemampuanmetakognisisiswadalampemecahanmasalahpadapembelajaranmatematikakelas VII SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Jenispenelitian yang dilaksanakanadalahpenelitianlapangan(field research) denganpendekatankuantitatifdanmetodepenelitianadalahmetodedeskriptif. Populasidalampenelitianiniadalahsiswa SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin dansampelnyaadalahkelas VII denganteknikpengambilansampeladalahPurposive Sampling.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahpemberiantesdanangket, observasi, wawancara, dandokumentasi.Analisis data menggunakananalisisstatistikdeskriptif. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiambilsimpulanbahwasiswakelas VII SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin memilikikemampuanmetakognisi yang tinggi yang dilihatmelaluiskor yang diperolehsiswadarisoalpemecahanmasalahdanfrekuensisiswamenjawansoalpemecahanmasalah.Dari ketigaelemenmetakognisi, yang memilikikategoritertinggiadapadaelemenmengembangkanperencanaan,kemudianelemenmengadakan monitoring, dan yang terendahadalahpadaelemenmengevaluasiperencanaan.