Pelaksanaan Kurikulum Pondok Pesantren Al-Baladul Amin Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengemukakan tentang Pelaksanaan Kurikulum Pondok Pesantren Al-Baladul Amin Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berupa proses pembelajaran meliputi: (1) bahan pembelajaran, (2) tujuan pembelajaran, (3) perencanaan dan persiapan mengajar, (4) metode pembelajaran, (5) sarana dan media pembelajaran, dan (6) evaluasi pembelajaran. Dengan rumusan masalah, yaitu bagaimana pelaksanaan kurikulum pondok pesantren al-Baladul Amin kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum Pondok Pesantren Al-Badul Amin Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh ustaz yang mengajar kurikulum pondok pesantren tingkat SMP sebanyak 7 orang dan beberapa siswa. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan kurikulum Pondok Pesantren Al-Baladul Amin Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah colecting, editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum Pondok Pesantren Al-Baladul Amin Kabupaten Hulu Sungai Selatan terlaksana dengan cukup baik karena para ustaz menggunakan bahan pembelajaran yang berupa mata pelajaran dan kitab-kitab pegangan yang dipakai (baik kitab klasik dan modern) sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak pondok, para ustadz mempunyai tujuan pembelajaran walaupun hanya berupa gagasan pemikiran (tidak tertulis), para ustaz melakukan persiapan dan perencanaan sebelum melaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan sangat variatif dengan tidak hanya menerapkan metode tradisional yang selama ini ada di Pondok Pesantren tapi juga menerapkan metode yang dapat mengembangkan daya nalar dan juga menerapkan metode yang dikembangkan, pengguanaan sarana dan media masih kurang variatif dan masih sederhana, evaluasi dilaksanakan pada setiap akhir semester baik ganjil maupun genap dan alat evaluasi yang digunakan berupa tes tertulis.