Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktek Sholat Dengan Metode Demonstrasi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Main Author: Maimunah, Maimunah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/
ctrlnum 4554
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/</relation><title>Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktek Sholat Dengan Metode Demonstrasi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan</title><creator>Maimunah, Maimunah</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Maimunah, 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktek Sholat Dengan Metode Demonstrasi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. PTK Jurusan Pendidkan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Pembimbing: Drs.Yahya MOF. M.Pd.&#xD; &#xD; Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pendidikan praktek shalat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu kewajiban yang harus di sampaikan kepada anak didik. Dengan metode demonstrasi dan media gambar diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi praktek shalat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksankan oleh guru. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan sebanyak dua siklus dengan metode media gambar dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.&#xD; &#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama pada materi shalat melalui metode demontrasi dan media gambar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan.&#xD; &#xD; Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru dan studi dokumentasi.&#xD; &#xD; Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa kemungkinan bisa mengalami peningkatan setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi dan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh karena itu strategi pembelajaran ini sangat baik untuk digunakan apabila dalam setiap pembelajaran motivasi dan pengetahuan serta nilai anak meningkat dibandingkan pada sebelumnya.</description><date>2013</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Maimunah, Maimunah (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktek Sholat Dengan Metode Demonstrasi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. [Skripsi] </identifier><recordID>4554</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maimunah, Maimunah
title Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktek Sholat Dengan Metode Demonstrasi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4554/
contents Maimunah, 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktek Sholat Dengan Metode Demonstrasi dan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. PTK Jurusan Pendidkan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Pembimbing: Drs.Yahya MOF. M.Pd. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pendidikan praktek shalat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan suatu kewajiban yang harus di sampaikan kepada anak didik. Dengan metode demonstrasi dan media gambar diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi praktek shalat mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksankan oleh guru. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan sebanyak dua siklus dengan metode media gambar dalam rangka meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman anak dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama pada materi shalat melalui metode demontrasi dan media gambar di kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri (SDN) Paharangan 1 Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada semester 1 tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa kemungkinan bisa mengalami peningkatan setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode demonstrasi dan media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam oleh karena itu strategi pembelajaran ini sangat baik untuk digunakan apabila dalam setiap pembelajaran motivasi dan pengetahuan serta nilai anak meningkat dibandingkan pada sebelumnya.
id IOS4802.4554
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:15:13Z
last_indexed 2017-10-30T02:15:13Z
recordtype dc
_version_ 1684873924078206976
score 17.538404