Kemampuan Guru Kelas I Dalam Mengelola Kelas di MI Darul Huda Kuin Selatan Banjarmasin
Daftar Isi:
- Radhiah. 2015. Kemampuan Guru Kelas I dalam Mengelola Kelas di MI Darul Huda Kuin Selatan Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Tamjidnor, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci: Kemampuan, Mengelola Kelas Penelitian ini menggambarkan tentang kemampuan guru kelas I dalam mengelola kelas. Dalam pembelajaran, mengelola kelas harus dilakukan dengan baik. Dengan di kelolanya kelas dengan baik maka dapat menghindarkan dari gangguan-gangguan yang terjadi, sehingga tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan sebelumnya dapat tercapai secara maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: a. Bagaimana kemampuan guru kelas I dalam mengelola kelas di MI Darul Huda Kuin Selatan Banjarmasin. b. Faktor-Faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan guru kelas I dalam mengelola kelas di MI Darul Huda Kuin Selatan Banjarmasin. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil observasi adalah kegiatan pengamatan langsung terhadap guru dan peserta didik di kelas I selama proses pembelajaran. Sedangkan wawancara kepada guru dilakukan saat pembelajaran telah selesai. Data-data ini berbentuk kualitatif sehingga hasil analisisnya pun berupa pembahasan secara kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola kelas yang terlihat dari mampunya guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi atau suasana kelas.