Perbandingan Hasil Belajar antara Media Pembelajaran Papan Berpaku (Geoboard) dan Media Gambar pada Materi Keliling dan Luas Segitiga dan Jajargenjang Siswa Kelas IV MIN Kebun Bunga Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016
Daftar Isi:
- Mardhatillah. 2015. Perbandingan Hasil Belajar antara Media Pembelajaran Papan Berpaku (Geoboard) dan Media Gambar pada Materi Keliling dan Luas Segitiga dan Jajargenjang Siswa Kelas IV MIN Kebun Bunga Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Lathifaturrahmah, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara media pembelajaran papan berpaku (geoboard) dan media gambar pada materi keliling dan luas segitiga dan jajargenjang. Serta respon siswa kelas IV MIN Kebun Bunga terhadap media pembelajaran papan berpaku (geoboard) dan media gambar pada materi keliling dan luas segitiga dan jajargenjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah semua siswa kelas IV MIN Kebun Bunga sejumlah 46 orang. Dimana sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV MIN Kebun Bunga tahun pelajaran 2015/2016 pada kelas eksperimen I berada pada kategori baik sedangkan pada kelas eksperimen II berada pada kategori kurang, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa antara yang menggunakan media pembelajaran papan berpaku dan media gambar. Untuk respon siswa, pada media papan berpaku dan media gambar keduanya berada pada kategori baik.