Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar

Main Author: Fahmi, Ahmad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/4454/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4454/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4454/
Daftar Isi:
  • Ahmad Fahmi. 2012. Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag, (II) Hj. Mila Hasanah, M.Ag. Kata kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran, Matematika Penelitian ini mengemukakan tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Subjek penelitian ini adalah guru matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar sebanyak dua orang yang mengajar di kelas IV, V dan VI. Sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dokumenter dan angket. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, klasifikasi, dan tabulating serta interpretasi data kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh temuan bahwa pemanfaatan media pembelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Tuan Ilir Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar adalah cukup optimal. Adapun media pembelajaran matematika yang digunakan saat pembelajaran mengenai operasi bilangan seperti jarimatika, batang lidi, korek api, sedotan, serta benda-benda yang ada di kelas seperti pensil, polpen, kertas yang di potong-potong dan juga buku-buku. Saat pembelajaran geometri media yang digunakan dalam pembelajaran bangun datar seperti kertas, papan tulis, foto-foto yang ada di dinding sekolah, bangun ruang sepeti kotak/kardus bekas yang berbentuk beragam model bangun ruang. Saat pembelajaran pengukuran penggaris, meteran tali, busur derajat. Dan saat pembelajaran pengolahan data seperti gambar-gambar berbagai macam diagram.