Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Kelas IV Min Teluk Daun Kecamatan Amuntai Utara Kab. Hulu Sungai Utara

Main Author: Madani, Madani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/442/1/03%20BAB%201.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/442/2/06%20BAB%204%20-.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/442/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Matematika di Madrasahselamainisebagianbesarmasihmenggunakanmetodeceramah, halinimengakibatkanrendahnyaperhatiansiswaterhadappelajaran, sertakurangnyapartisipasisiswaterutamadalampembelajaranmateriPenjumlahan Bilangan Bulat. Salah satualternatifdalammengatasimasalahiniadalahmenggunakanmetodeKerjakelompok, carainidapatuntukmengatasikesulitanbelajarsiswasecara individual. PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIV semester II MIN Teluk DaununtukmatapelajaranMatematikamateripenjumlahan bilangan bulatdenganmenggunakanmetodekerjakelompok. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantindakanmenggunakan model kerjakelompok.Subyek yang digunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasIV MIN Teluk Daun yang berjumlah 27 orang yang terdiridari11perempuandan16laki-laki. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikobservasi, kerja kelompok, danteshasilbelajar, yang dilakukandalam2siklus. Temuanpenelitian yang pertama, penerapandalampembelajaranpenjumlahan bilangan bulatdenganmetodekerjakelompokberkelompoksecaraheterogenuntukmengerjakan LKK, yang kemudiansetiapkelompok, mengirimkanwakilnyakedepankelasuntukmemperesentasikanhasilkerjanya, kemudiankelompok lain menanggapinyadenganmemberikanpertanyaan-pertanyaan yang kemudiandijawabolehkelompok yang mempresentaskanhasilkerjanyatersebut. Kedua, metodediskusikelompokdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammateripelajaranpenjulahan bilangan bulat. Hal inidapatdilihatpada: Siklus I rata-rata I 67,96danpadasiklus II 80,73. Dengandemikian rata-rata hasilbelajarpersiklusterlihatmeningkat, dimanapadasiklus I kesiklus II peningkatansebesar12,77 . BerdasarkanhasildariobservasiaktifitassiswadalamkegiatanbelajarmengajardapatdilihatdaripersentaseyaitupadasiklusI ,75,18% danpadasikluske II 87,77% . Dari siklus I sampaisiklus II tersebutterlihataktifitassiswadarisikluskesiklussemakinmeningkat.