Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok Di Kelas IV Min Teluk Daun Kecamatan Amuntai Utara Kab. Hulu Sungai Utara
Main Author: | Madani, Madani |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/442/1/03%20BAB%201.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/442/2/06%20BAB%204%20-.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/442/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Matematika di Madrasahselamainisebagianbesarmasihmenggunakanmetodeceramah, halinimengakibatkanrendahnyaperhatiansiswaterhadappelajaran, sertakurangnyapartisipasisiswaterutamadalampembelajaranmateriPenjumlahan Bilangan Bulat. Salah satualternatifdalammengatasimasalahiniadalahmenggunakanmetodeKerjakelompok, carainidapatuntukmengatasikesulitanbelajarsiswasecara individual. PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIV semester II MIN Teluk DaununtukmatapelajaranMatematikamateripenjumlahan bilangan bulatdenganmenggunakanmetodekerjakelompok. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengantindakanmenggunakan model kerjakelompok.Subyek yang digunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasIV MIN Teluk Daun yang berjumlah 27 orang yang terdiridari11perempuandan16laki-laki. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikobservasi, kerja kelompok, danteshasilbelajar, yang dilakukandalam2siklus. Temuanpenelitian yang pertama, penerapandalampembelajaranpenjumlahan bilangan bulatdenganmetodekerjakelompokberkelompoksecaraheterogenuntukmengerjakan LKK, yang kemudiansetiapkelompok, mengirimkanwakilnyakedepankelasuntukmemperesentasikanhasilkerjanya, kemudiankelompok lain menanggapinyadenganmemberikanpertanyaan-pertanyaan yang kemudiandijawabolehkelompok yang mempresentaskanhasilkerjanyatersebut. Kedua, metodediskusikelompokdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswadalammateripelajaranpenjulahan bilangan bulat. Hal inidapatdilihatpada: Siklus I rata-rata I 67,96danpadasiklus II 80,73. Dengandemikian rata-rata hasilbelajarpersiklusterlihatmeningkat, dimanapadasiklus I kesiklus II peningkatansebesar12,77 . BerdasarkanhasildariobservasiaktifitassiswadalamkegiatanbelajarmengajardapatdilihatdaripersentaseyaitupadasiklusI ,75,18% danpadasikluske II 87,77% . Dari siklus I sampaisiklus II tersebutterlihataktifitassiswadarisikluskesiklussemakinmeningkat.