Kemampuan Membaca Alquran Siswa Kelas V MIN Pemurus Dalam Banjarmasin

Main Author: Baniah, Hikmatul
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/4347/1/I-V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4347/
Daftar Isi:
  • Hikmatul Baniah, 2013. Kemampuan Membaca Alquran Siswa Kelas V MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kemampuan membaca Alquran siswa kelas V MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Maka menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca Alquran siswa kelas V MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Dan yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, tata usaha, dan kepala sekolah MIN Pemurus Dalam Banjarmasin. Pengumpulan data di lapangan menggunakan tes lisan (Oral test), observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diproses melalui editing, koding, klasifikasi data, tabulating, interpretasi data dan ditambah dengan desain pengukuran. Data disajikan secara kuantitatif untuk data kemampuan membaca dan mengambil kesimpulan menggunakan metode deskriptif. Setelah data disajikan dan dianalisis, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan siswa dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah sesuai dengan makhraj huruf dengan benar termasuk kategori mampu, dan kemampuan siswa membaca Alquran dengan kaidah ilmu tajwid dengan baik juga termasuk kategori mampu.