Daftar Isi:
  • Desi Aulia.2016. Efektivitas Strategi Metakognitif Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII MTsN Banjar Selatan 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Juhriyansyah Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom., Ph.D. Penelitian ini bertolak dari latar belakang pentingnya pemahaman konsep matematika dan rendahnya kemampuan dalam pemahaman konsep matematika. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pemahaman konsep matematika siswa yaitu dengan menggunakan strategi metakognitif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi metakognitif ditinjau dari pemahaman konsep matematika materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTsN Banjar Selatan 1 tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yaitu pre-eksperimentaldengan desain One-Group Pretest-Posttest Design.Populasi pada penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VIII MTsN Banjar Selatan 1 dengan sampel adalah kelas VIII G yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak lima soal yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematika pada dimensi translation, interpretation, dan extrapolation. Materi yang diajarkan adalah gradien dan menentukan persamaan garis lurus. Hasil penelitian menunjukkannilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa pada tes awaladalah 49,24 dan pada tes akhir adalah 79,05, dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sehingga strategi metakognitif efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi persamaan garis lurus siswa kelas VIII MTsN Banjar Selatan 1 Tahun Pelajaran 2015/2016.