Daftar Isi:
  • Rizki Anggraeni, 2015. Kreativitas Mengajar Mahasiswa PPL II Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin Tahun 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Siti Shalihah, S.Pd. M.S. Penelitian ini bertolak dari penggunaan metode, strategi yang tidak bervariasi sehingga membuat pembelajaran monoton, membosankan, kurang menarik, dan pada akhirnya berujung pencapaian hasil pembelajaran yang kurang memadai. Meskipun guru memiliki penguasaan terhadap bahan ajar atau materi pelajaran sudah cukup memadai, tetapi kurang mampu mengemasnya dalam pembelajaran, maka tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kreativitas mengajar mahasiswa PPL II di sekolah, yang meliputi kreativitas dalam menggunakan strategi, metode, media pembelajaran, pemanfaatkan sumber belajar. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kreativitas mengajar mahasiswa PPL II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan PGMI IAIN Antasari Banjarmasin Tahun 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa PPL II di MIN Sungai Lulut dan Mahasiswa PPL II di MI Al Istiqamah Banjarmasin. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah kreativitas mengajar mahasiswa PPL II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan PGMI IAIN Antasari Banjarmasin Tahun 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obserbasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mengajar mahasiswa PLL II Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin yang dilaksanakan di MIN Sungai Lulut dan MI Al Istiqamah telah memiliki kreativitas dalam mengajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas mengajar mahasiwa PPL II adalah faktor guru, faktor jumlah siswa, faktor fasilitas dan sumber belajar, dan faktor lingkungan yang kondusif.