Metode Pembelajaran Materi Shalat Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Pekapuran Banjarmasin
Main Author: | Rubiati, Isna |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/4278/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/4278/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/4278/ |
Daftar Isi:
- Isna Rubiati.2013. Metode Pembelajaran Materi Shalat Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Pekapuran Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Mujiansyah, M.Pd. kata kunci : kesesuaian gerakan shalat dan bacaan dengan berbagai metode. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pendidikan shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam, karena shalat tidak hanya terpaku dan menjadi tanggung jawab keluarga saja, pendidikan shalat juga menjadi pembelajaran bagian dari lingkungan sekolah, sebagai tujuan menciptakan individu-individu yang taat beragama. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini ada dua, pertama, metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran materi shalat pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Al- Istiqamah. Kedua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran pada materi shalat mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Al- Istiqamah. Tujuan penelitian ini pertama, adalah agar dapat meningkatkan keterampilan gerakan dengan bacaan shalat siswa pada mata pelajaran fiqih, kedua, dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi shalat, ketiga, dapat mengetahui bahwa penggunaan berbagai metode pada pembelajaran fiqih lebih menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini mengemukakan tentang pembelajaran shalat pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan berbagai metode dalam menyesuaikan antara gerakan dan bacaan shalat di MI Al-Istiqamah Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dalam bidang mata pelajaran fiqih. Data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. selanjutnya data diproses melalui editing, dan klasifikasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran shalat pada mmadrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah berjalan dengan baik, karena guru fiqih melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode sehingga siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung dan dapat memahami pelajaran secara maksimal.