Studi Komparatif Antara Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Dengan Pembelajaran Langsung Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMPN 1 Astambul Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Amelia Dwi Astuti. 2015. Studi Komparatif Antara Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) Dengan Pembelajaran Langsung Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMPN 1 Astambul Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 1 Astambul tahun pelajaran 2014/2015 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya tes, dokumentasi, observasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, hal tersebut diketahui dari nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yakni 78,62 dan kelas kontrol yakni 74,79.