Perbedaan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dan Guru Yang Tidak Bersertifikasi Berdasarkan Standar Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karya Indah Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito kuala

Main Author: Ningsih, Anina
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/1/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/2/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/3/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/4/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/5/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/6/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/7/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/8/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/
ctrlnum 4263
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/</relation><title>Perbedaan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dan Guru Yang Tidak Bersertifikasi Berdasarkan Standar Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karya Indah Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito kuala</title><creator>Ningsih, Anina</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Anina Ningsih.2015. Skripsi, Perbedaan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dan Guru Yang Tidak Bersertifikasi Berdasarkan Standar Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karya Indah Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito kualaJurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd.&#xD; &#xD; &#xD; Dengan berlakunya Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pada bab IV pasal 8 yang menjelaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian sertifikasi diharapkan agar seluruh guru nantinya mempunyai sertifikat atau lisensi mengajar. Tentu saja dengan ukuran karakteristik guru yang dinilai kompeten secara profesional. Pada suatu lembaga pendidikan terdapat guru yang berbeda, maksudnya ada guru yang bersertifikasi dan ada guru yang tidak bersertifikasi, termasuk di MIN Karya Indah Kecamatan Tabukan.&#xD; Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan kinerja guru yang bersertifikasi dan yang tidak bersertifikasi, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya.&#xD; Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru yang bersertifikasi dan yang tidak bersertifikasi, kemudian membandingkannya.&#xD; Sampel dalam penelitian adalah 6 orang guru yang bersertifikasi dan 6 orang guru yang tidak bersertifikasi. Untuk memperoleh data tentang penelitian ini digunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumenter. Analisis data yang disajikan dalam bentuk uraian-uraian, yakni menjelaskan apa yang terdapat di dalam tabel, sehingga terdapat kejelasan yang ada didalamnya.&#xD; Melalui teknik analisis komparatifdengan menggunakan Uji Mann-Whitney (Uji U)penelitian ini menghasilkan temuan; pertama, kinerja guru yang bersertifikasi lebih tinggi dari guru yang tidak bersertifikasi. Kedua, berdasarkan analisis data rata-rata nilai kinerja keduanya,terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang bersertifikasi dan guru yang tidak bersertifikasi.</description><date>2015</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/2/AWAL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/8/PERNYATAAN.pdf</identifier><identifier> Ningsih, Anina (2015) Perbedaan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dan Guru Yang Tidak Bersertifikasi Berdasarkan Standar Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karya Indah Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito kuala. [Skripsi] </identifier><recordID>4263</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ningsih, Anina
title Perbedaan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dan Guru Yang Tidak Bersertifikasi Berdasarkan Standar Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karya Indah Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito kuala
publishDate 2015
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/1/ABSTRAK.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/2/AWAL.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/3/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/4/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/5/BAB%20III.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/6/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/7/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/8/PERNYATAAN.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/4263/
contents Anina Ningsih.2015. Skripsi, Perbedaan Kinerja Guru Yang Bersertifikasi Dan Guru Yang Tidak Bersertifikasi Berdasarkan Standar Proses Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Karya Indah Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito kualaJurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd. Dengan berlakunya Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pada bab IV pasal 8 yang menjelaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian sertifikasi diharapkan agar seluruh guru nantinya mempunyai sertifikat atau lisensi mengajar. Tentu saja dengan ukuran karakteristik guru yang dinilai kompeten secara profesional. Pada suatu lembaga pendidikan terdapat guru yang berbeda, maksudnya ada guru yang bersertifikasi dan ada guru yang tidak bersertifikasi, termasuk di MIN Karya Indah Kecamatan Tabukan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perbedaan kinerja guru yang bersertifikasi dan yang tidak bersertifikasi, apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru yang bersertifikasi dan yang tidak bersertifikasi, kemudian membandingkannya. Sampel dalam penelitian adalah 6 orang guru yang bersertifikasi dan 6 orang guru yang tidak bersertifikasi. Untuk memperoleh data tentang penelitian ini digunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumenter. Analisis data yang disajikan dalam bentuk uraian-uraian, yakni menjelaskan apa yang terdapat di dalam tabel, sehingga terdapat kejelasan yang ada didalamnya. Melalui teknik analisis komparatifdengan menggunakan Uji Mann-Whitney (Uji U)penelitian ini menghasilkan temuan; pertama, kinerja guru yang bersertifikasi lebih tinggi dari guru yang tidak bersertifikasi. Kedua, berdasarkan analisis data rata-rata nilai kinerja keduanya,terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang bersertifikasi dan guru yang tidak bersertifikasi.
id IOS4802.4263
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:15:10Z
last_indexed 2017-10-30T02:15:10Z
recordtype dc
_version_ 1683450881746403328
score 17.538404