Pelaksanaan Konseling Pada MTsN Muara Uya Kabupaten Tabalong

Main Author: Sartika, Dewi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/3966/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3966/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3966/
Daftar Isi:
  • Dewi Sartika, 2010. Pelaksanaan Konseling Pada MTsN Muara Uya Kabupaten Tabalong. Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (1) Drs. H. Haderani, M. Pd I., (2) Drs. H. Murhan Zuhri M. Ag. Penelitian ini didasarkan sebuah pandangan bahwa pelaksanaan konseling bertujuan untuk membantu individu (siswa) menghadapi segala problem-problem yang dihadapinya, baik masalah yang bersumber dari dirinya sendiri, maupun masalah yang bersumber dari luar yang dapat membawa pengaruh negatif dalam proses perkembangannya. Dengan adanya layanan konseling maka akan dapat membantu siswa mengatasi segala masalah yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling pada MTsN Muara Uya Kabupaten Tabalong dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subyek dalam penelitian ini adalah guru BK MTsN Muara Uya yang terdiri dari satu orang, dan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan konseling pada MTsN Muara Uya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari teknik non tes, seperti observasi, wawancara dan dokumenter. Data yang diperoleh dari responden, informan dan dokumen. Kemudian diolah dengan reduksi data, penyajian data. Selanjutnya dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan konseling di MTsN Muara Uya melaksanakan langkah-langkah konseling yaitu menentukan masalah, pengumpulan data, analisis data, diagnosis, prognosis, terapi dan evaluasi atau follow up, sedangkan yang mempengaruhi pelaksanaannya adalah latar belakang pendidikan, alokasi waktu dan sarana dan prasarana.