Daftar Isi:
  • Yulianti Safitri. 2015. Peran Wali Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di MTs Miftahul Khair Bantuil Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pembimbing Drs. Hj. Masyithah, M.Pd.I. Peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar sangatlah penting karena melalui perannya guru dapat membantu siswa untuk mengatasi masalah atau kesulitan yang dihadapinya. Kesulitan yang dihadapi siswapun bermacam-macam karena siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda pula. Sudah sepatutnya sebagai wali kelas atau guru untuk mengetahui karakter-karakter siswanya. Sehingga apabila siswanya mengalami kesulitan maka guru harus mencari cara untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswanya. Pokok permasalah dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan belajar siswa, peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, jenis-jenis kesulitan belajar siswa dan cara mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Miftahul Khair Bantuil Kabupaten Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang wali kelas yaitu wali kelas VII dan VIII serta siswa kelas VII berjumlah 7 orang dan siswa kelas VIII berjumlah 14 orang siswa. Sedangkan objek dalam dalam penelitian ini adalah tentang peran wali kelas, keuslitan belajar siswa, jenis kesulitan belajar dan cara mengatasi kesulitan belajar siswa. Untuk pengumpulan data di lapangan penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentar, selanjutnya data disajikan dalam bentuk pemaparan, kemudian dianalisis secara deskritif kualitatif yang pada akhirnya ditarik kesimpulan dengan metode induktif. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Miftahul Khair sangatlah penting karena melalui perannya sebagai wali kelas dapat membantu kesulitan belajar yang dihadapi siswa sehingga kesulitan tersebut dapat teratasi sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang diberikan guru-gurunya.