MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DI MIN KERTAK HANYAR II KABUPATEN BANJAR
Daftar Isi:
- Abdullah. 2015. Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag Kata Kunci: Minat Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA. Penelitian ini mengemukakan tentang minat siswa terhadap mata pelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana aktivitas siswa di luar kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar, bagaimana aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar dan fasilitas belajar apa saja yang siswa miliki untuk menunjang pembelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa diluar kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar dan untuk mengetahui fasilitas belajar apa saja yang siswa miliki untuk menunjang pembelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V di MIN Kertak Hanyar II tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 56 orang. Sedangkan obyek penelitian ini adalah minat siswa di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Berdasarkan hasil peneltian ditemukan bahwa minat siswa terhadap mata pelajaran IPA di MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar dikatagorikan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: Aktivitas siswa di luar kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA tergolong tinggi minatnya, aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPA tergolong tinggi sekali minatnya, dan fasilitas belajar yang dimiliki siswa untuk menunjang pembelajaran IPA yang tergolong tinggi sekali minatnya.