Penerapan Strategi Random Teks Pada Pembelajaran Mufradat Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin
Daftar Isi:
- Zainab Fitriani. 2015. Penerapan Strategi Random Teks Pada Pembelajaran Mufradat Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Khairunnisa, M.Pd Kata Kunci: Penerapan, Strategi Random Teks, Pembelajaran Mufradat Pembelajaran Bahasa Arab saat ini sudah makin berkembang. Banyak strategi kreatif mulai bermunculan yang sesuai dengan gaya belajar siswa tak terkecuali pembelajaran mufradat yaitu untuk mempermudah siswa dalam menguasai mufradat Bahasa Arab dengan cara yang menyenangkan. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah Random Teks. Kelebihan random teks adalah membuat anak menjadi aktif dan bertanggung jawab serta dengan menggunakan strategi random teks dapat memberikan kesenangan pada siswa dalam belajar mufradat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi random teks dalam pembelajaran mufradat di MI Nurul Islam Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Bahasa Arab dan siswa kelas IV MI Nurul Islam Banjarmasin sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah setelah data terkumpul dan diinterpretasikan, penulis mengadakan analisis data terhadap permasalahan yang dikemukakan, menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Selanjutnya kesimpulannya dengan menggunakan metode induktif, yakni menarik kesimpulan dari hal-hal yang sifatnya khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi random teks pada pembelajaran mufradat di MI Nurul Islam telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah yang seharusnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi random teks pada pembelajaran mufradat adalah faktor guru sangat mempengaruhi dan faktor minat.