KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI MAN 2 MODEL BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Titin, Handayani |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/1/PERNYATAAN.jpg http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/2/AWAL.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/3/ABSTRAK.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/4/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/5/BAB%20II.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/6/BAB%20III.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/7/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/8/BAB%20V.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/9/LAMPIRAN.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3788/ |
Daftar Isi:
- Dengan beberapa kekurangan yang terdapat dalam KTSP maka pada tahun 2013 pemerintah menyempurnakan KTSP dengan nama baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Kurikulum ini mencoba merespons terhadap peningkatan perkembangan zaman, karena dengan penekanan pada domain keterampilan (skill) dan karakter (afektif) secera terncana membentuk dan menyiapkan peserta didik menjadi orang yang tidak hanya mampu dalam aspek teoritis semata, lebih dari itu mereka juga mampu dalam hal keterampilan yang dibutuhkan di kala dewasa dan karakter positif sesuai dengan norma agama,bangsa dan masyarakat. Dan dalam kurikulum ini juga seorang guru dituntut untuk benar-benar meningkatkan kompetensi atau kemampuan yang dapat menunjang sehingga dapat mengantarkan peserta didik berhasil untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi para guru mata pelajaran matematika kelas X di MAN 2 Model Banjarmasin dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dandengananalisisdeskriptif.Pengumpulan data dilakukan denganteknik-teknikobservasi, wawancaradandokumentasi.Adapunteknikpengolahan data yang digunakanadalahkoleksi data, editing, dan interpretasi data.Subjekdalampenelitianiniadalah1 orang guru yang mengajarmatematika kelas X .Objekdaripenelitianiniadalahkendala yang dihadapi guru mata pelajaran matematika dalam mengimplementasiKurikulum 2013 padamatapelajaranmatematika di MAN 2 Model Banjarmasin. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa terdapat kendala baik dari segi kesiapan guru, proses pembelajaran danpenilaian. Kurangnya pelatihan yang diterima oleh guru membuat proses pembelajaran matematika yang berdasarkan Kurikulum 2013 masih kurang maksimal, beberapa materi yang tidak sinkron antara materi prasyarat dengan materi yang sedang diajarkan, media yang dibutuhkan dalam pembelajaran matematika yang berdasarkan Kurikulum 2013, sulitnya melakukan penilaian pada kompetensi sikap dan keterampilan.