فعالية استخدام استراتيجية العصف الذهني في تعليم مهارة القراءة في الصف العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الخامسة مراباهان
Daftar Isi:
- Abdussamad Nur. 2015, Efektivitas Penggunaan Strategi Brainstorming Dalam Pembelajaran Qiraah Pada Siswa Kelas X MAN V Marabahan, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Pembimbing : Asikin Nor, M,Ag Kata kunci : Strategi Brainstorming, pembelajaran keterampilan membaca siswa Pendekatan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi eksperiment yaitu menggunakan kelompok eksperiment dengan perlakuan khusus dan kelompok kontrol tanpa adanya perlakuan yang khusus Adapun objek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas X MAN V MARABAHAN. Adapun instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu : observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dan rumusan masalah yang terdapat dalam skripsi ini, yaitu : 1) Apakah strategi Brainstorming efektif dalam pembelajaran Qiraah pada siswa kelas X MAN V Marabahan ? 2) Bagaimanakah Nilai pembelajaran Qiraah setelah menggunakan strategi Brainstorming untuk kelompok eksperiment pada kelas X MAN V Marabahan ? 3) Bagaimanakah penggunaan strategi Brainstorming dalam pembelajaran Qiraah pada kelompok eksperimen di kelas X MAN V Marabahan ? Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, dari hasil uji t di dapatkan hasil thitung = 6,72 dan ttabel 5% = 2,02 dan karena thitung lebih besar dari pada ttabel , maka Hipotesis Alternatif diterima. Oleh karena itu, ada perbedaan yang signifikan antara kelompok control dengan kelompok eksperimen.