Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang Implementasi Pendidikan Akhlak untuk siswa kelas VII di mtsn Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VII, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin dan Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter, adapun teknik pengolahan data adalah reduksi, editing, klasifikasi, dan verifikasi. Kemudian untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan disimpulakn secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan akhlak di kalangan siswa kelas VII di MTsN Banjar Selatan 1 Jl. Bhakti Banjarmasin dapat dikatakan berjalan dengan baik dan cukup lancar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan akhlak adalah faktor guru, siswa, sarana prasarana dan fasilitas, dan lingkungan sekolah.