Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada materi Tokoh-tokoh Sejarah Hindu,Budha Dan Islam Dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Stray Di Kelas V MI Pakuan Pamatang Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Main Author: Syahriani, Syahriani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/3533/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3533/2/BAB%20II.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3533/3/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3533/
Daftar Isi:
  • Syahriani. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada materi Tokoh-tokoh Sejarah Hindu,Budha Dan Islam Dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Stray Di Kelas V MI Pakuan Pamatang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : Drs. H.Muhammad.Yusuf, M.Fil.I Kata kunci : Problema, Pembelajaran,Ilmu pengetahuan Sosial. Pembelajaran IPS di sekolah selama ini sebagian besar masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional, hal ini mengakibatkan rendahnya perhatian siswa sehingga hasil belajar yang dicapai mereka menjadi kurang optimal. Hal tersebut juga terjadi pada MI Pakuan Pematang Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada semester I pada MI Pakuan Pematang untuk mata pelajaran IPS materi Tokoh-tokoh Sejarah Hindu,Budha Dan Islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Pakuan Pematang pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 13 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan sebesar 61.54 % dengan rata-rata 56.92 pada siklus I menjadi 100% dengan rata-rata 66,15 pada siklus II di atas standar ketuntasan belajar mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan yaitu 60. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pemahaman/pengetahuan siswa kelas V MI Pakuan Pematang pada materi Tokoh-tokoh Sejarah Hindu,Budha Dan Islam sehingga memudahkan guru untuk mengelompokkan mereka secara heterogen dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.