Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Mengartikan Surah Al-Lahab Dan Al Kafirun Melalui Strategi Card Sort Pada Siswa Kelas V SDN Barukat Kab. HSS
Main Author: | Paridah, St |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/3532/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3532/2/BAB%20II.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3532/3/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3532/ |
Daftar Isi:
- St. Paridah, 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Mengartikan Surah Al-Lahab Dan Al Kafirun Melalui Strategi Card Sort Pada Siswa Kelas V SDN Barukat Kab. HSS. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra.Hj.Mudhiah M.Ag Kata Kunci: Meningkatkan, Hasil Belajar, Al Qur;an, Strategi Card Sort. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang belum bisa mengartikan surah-surah pendek, sehingga yang menjadi rumusan penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar PAI dengan menggunakan strategi Cart Sort dalam mengartikan surah Al-Lahab dan Al-Kafirun dan apakah dengan menggunakan strategi Cart Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI dalam mengartikan surah Al-Lahab dan Al-Kafirun. Adapun penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada Kelas V SDN Barukat yang berjumlah 4 orang terdiri dari 2 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes, yang dilakukan dalam 2 siklus. Temuan penelitian yakni pertama meningkatkan hasil belajar PAI dengan menggunakan strategi Cart Sort dalam mengartikan surah Al-Lahab dan Al-Kafirun dimana siswa berkelompok yang terdiri atas 2 siswa, guru membagikan kertas plano yang telah diberikan tulisan kata kunci secara acak kepada setiap kelompok, dimana siswa mencari kartu yang cocok dengan kata kunci tersebut. Kemudian siswa diminta untuk menempelkan kata kunci tersebut ke jawaban yang telah tersedia, sehingga menjadi sebuah informasi. siswa maju untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas. Yang pada akhirnya pertemuan kedua di setiap Siklus di adakan tes evaluasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Kedua strategi Cart Sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI dalam mengartikan surah Al-Lahab dan Al-Kafirun, hal ini dapat dilihat pada: a Aktivitas siswa selama proses pembelajaran PAI mulai dari pertemuan pertama siklus I sampai pertemuan kedua siklus II dengan menggunakan strategi Card Sort selalu meningkat dan dapat dikategorikan dalam kualifikasi aktif. Dengan demikian terlihat kecenderungan meningkat di siklus I pertemuan pertama 75c/o dan pertemuan kedua 85c/o, serta di siklus II pertemuan pertama 87,50c/o serta pertemuan kedua 95c/o. b. hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata 62,50 dengan kualifikasi baik ke siklus II dengan rata-rata 82,50 dan termasuk dalam kualifikasi amat baik. Sedangkan secara ketuntasan klasikal juga meningkat yaitu dari 50% menjadi 100%. Jadi mencapai ketuntasan klasikal dan KKM yang diinginkan.