STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN QURAN HADIS DI MTsN BANJAR SELATAN 2 BANJARMASIN
Daftar Isi:
- v ABSTRAK Tarmani, 2015 Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini mengemukakan tentang Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh murid Kelas VIII di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2014-2015 yang berjumlah 31 orang dan 1 guru Quran Hadis yang mengajar di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter, adapun teknik pengolahan data adalah Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Aktif dalam pembelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin terlaksana dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Quran Hadis di MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin sudah mendukung.