Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Quran Hadis Pada Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala

Main Author: Saniah, Saniah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/3354/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3354/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3354/3/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3354/4/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3354/
Daftar Isi:
  • Saniah. 2010. Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Quran Hadis Pada Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. H. Aswan, M.Pd, (II) Dra. Hj. Shafiah, M.Ag. Skripsi ini mengemukakan tentang pengelolaan kelas pada mata pelajaran Quran Hadis pada Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Anjir Muara yang meliputi tentang pengaturan jam belajar, pengaturan tempat duduk, pengaturan alat pengajaran, pemilihan metode dan strategi mengajar, pemilihan media dan sumber belajar dan pembuatan program-program pengajaran seperti silabus, program tahunan, program semester dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Penelitian ini berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran yang lebih jelas tentang pengelolaan kelas pada mata pelajaran Quran Hadis pada Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari satu orang guru mata pelajaran Quran Hadis dan siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Anjir Muara yang berjumlah 37 orang terdiri dari kelas IV, V, dan VI. Dalam penelitian ini kelas I, II, dan III tidak dijadikan sebagai responden. Dalam penggalian data di lapangan, penulis menggunakan teknik wawancara yaitu mengadakan tanya jawab langsung dengan responden dan informan untuk melengkapi data yang diperlukan, serta observasi, dan dokumenter. Dari hasil temuan yang diperolah di lapangan menunjukkan bahwa pengelolaan kelas pada mata pelajaran Quran Hadis pada Madrasah Ibtidaiyah Subulussalam Km.22 Anjir Muara belum terlaksana dengan baik, disebabkan karena aspek-aspek pengelolaan kelas belum dipahami dan dilaksanakan dengan baik, sarana dan prasarana yang belum memadai serta latar belakang pendidikan guru yang mengajar mata pelajaran Quran Hadis.