Pengaruh Penggunaan Media LCD terhadap Minat Belajar Mahasiswa Angkatan 2010/ 2011 dalam Pembelajaran di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin

Main Author: Khairiah, Khairiah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/3274/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3274/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3274/
Daftar Isi:
  • Khairiah. 2012. Pengaruh Penggunaan Media LCD terhadap Minat Belajar Mahasiswa Angkatan 2010/ 2011 dalam Pembelajaran di Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. H. Syarifuddin Sy, M. Ag., (II) Drs. H. Suriansyah Salati, M. Ag. Penetilian ini mengemukakan permasalahan tentang bagaimana penggunaan media LCD dalam pembelajaran pada mahasiswa angkatan 2010/2011 di Fakultas Tarbiyah dan pengaruh media LCD yang digunakan dalam pembelajaran terhadap minat belajar mahasiswa angkatan 2010/ 2011 Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Berdasarkan teori, media LCD mampu menunjang kelancaran proses pembelajaran terutama untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan minat belajar sehingga dosen menjadi lebih mudah dalam mentransfer ilmu pengetahuankepada mahasiswa dengan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media LCD dalam pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media LCD terhadap minat belajar mahasiswa angkatan 2010/ 2011 dalam pembelajaran pada Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach), dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumenter, setelah data terkumpul dan diolah, penulis melakukan beberapa tahapan yaitu koding, editing, tabulating dan interpretasi data, kemudian untuk menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan penarikan kesimpulan secara induktif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media LCD sudah digunakan dengan cukup baik dalam pembelajaran pada mahasiswa angkatan 2010/ 2011 dan media LCD dapat mempengaruhi dengan baik terhadap minat belajar mahasiswa angkatan 2010/ 2011 dalam pembelajaran Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin. Dapat dilihat dari indikator penggunaan media LCD dalam pembelajaran pada mahasiswa angkatan 2010/2011 yaitu kemampuan dosen PAI dalam menggunakan media LCD, kesesuaian materi kuliah dengan menggunakan LCD dan intensitas penggunaan media LCD. Hal ini juga di tunjang dari indikator tentang pengaruh media LCD terhadap minat belajar mahasiswa angkatan 2010/2011 IAIN Antasari Banjarmasin yaitu kehadiran mahasiswa, aktif memperhatikan, aktif bertanya dan menanggapi, semangat belajar, aktif mencatat, aktif berdiskusi, dan perasaan senang.