Korelasi Antara Strategi Pemasaran Dengan Volume Penjualan Produk Spare Part PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin

Main Author: Susanti, Nila
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/3196/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3196/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/3196/
Daftar Isi:
  • Nila Susanti, 2013. Korelasi Antara Strategi Pemasaran Dengan Volume Penjualan Produk Spare Part PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin. Sekripsi, Jurusan Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (1) Dr. Nur Kolis, M.Ag. Pembimbing (2) Yulia Hafizah, SHI, MEI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bisnis di bidang penjualan produk spare part atau aksesoris untuk instalasi perpipaan di bidang industri, perkapalan, pergedungan, pertambangan dan perkebunan di kota Banjarmasin. Salah satu faktor yang membuat bisnis ini berkembang adalah karena makin banyaknya para pengusaha membuka perusahan perkebunan seperti kelapa sawit. Hal ini membuat PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin bertahan sampai sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara strategi pemasaran dengan volume penjualan produk spare part PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin, berapa taraf signifikansi hubungan variabel strategi pemasaran (meliputi: harga dan promosi) dengan variabel volume penjualan produk spare part PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin. Pada penelitian ini populasi berjumlah 30 orang, dan semuanya ditarik sebagai sampel atau responden. Pengumpulan data menggunakan instumen yang berupa kuesioner. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, bivariate correlation dan partial correlation. Berdasarkan analisis data dapat disimulkan bahwa strategi pemasaran dengan volume penjulan yang berlaku pada PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin mempunyai hubungan yang signifikansi antara variabel harga dan variabel promosi. Analisis korelasi menunjukan bahwa dengan taraf signifikansi, harga sebesar 0,567%, promosi sebesar 0,348% dengan diketahui variabel harga mempunyai hubungan yang paling kuat terhadap volume penjualan produk spare part PT. Arita Prima Indonesia Cabang Banjarmasin.