Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran IPS Kelas V Di MIN Rumpiang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar
Main Author: | Hamidah, Hamidah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/302/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/302/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/302/ |
Daftar Isi:
- Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran adalah salah satu sumber yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran secara optimal. Sebab para peserta didik diharapkan langsung dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami, sehingga lebih nyata, dan kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Dan pembelajaran lebih menarik, tidak membosankan. Penelitian ini mengemukakan tentang pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran IPS di MIN Rumpang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar dengan rumusan masalah yaitu bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran IPS kelas V di MIN Rumpiang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran IPS di Kelas V MIN Rumpiang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (fielid reseach), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian adalah 1 orang guru IPS kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemnafaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran IPS kelas V di MIN Rumpiang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar sudah terlaksana dengan baik dengan memanfaatkan sunai, sawah, jalan, dan waduk tahap pelaksanaannya yaitu perumusan masalah, persiapan guru, persiapan tempat, penyajian materi dan pemanfaatan lingkungan dan evaluasi pembelajaran.