Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura Kabupaten Banjar
Main Author: | Mutmainnah, Mutmainnah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/3006/1/Bab%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3006/2/Bab%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/3006/ |
Daftar Isi:
- Mutmainnah. 2009. Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura Kabupaten Banjar, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: (I) Drs. H. Aswan, M.Ag (II) Dra. Rusdiana, M. Ag Pelaksanaan, Pembelajaran, Fiqih Pembelajaran pada dasarnya adalah suatu proses yang dilakukan oleh guru dan siswa sehingga terjadi proses belajar dalam arti adanya perubahan prilaku individualisasi siswa itu sendiri. Adapun permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih pada Madrasah Hidayatullah Martapura Kabupaten Banjar serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih pada madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura Kabupaten Banjar serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih yang berjumlah tiga orang serta siswa madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura Kabupaten Banjar dan objek pada penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran fiqih pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura Kabipaten Banjar. Untuk memperoleh data tentang penelitian ini digunakan teknik angket,dokumenter, observasi dan wawancara. Analisis data disajikan dalam bentuk uraian yakni menjelaskan apa yang terdapat didalam tabel, sehingga terdapat kejelasan yang ada didalamnya. Dari hasil penelitia ini diperoleh gambaran pelaksanaan fiqih pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura Kabupaten Banjar dengan indikasi: 1. Perencanaan fiqih sudah terlaksana, karena guru membuat program tahunan, semester dan rencana pelaksanaan pembelajaran 2. Pembelajaran terlaksana yaitu penyampaian materi pelajaran dengan metode yang tepat dan bervariasi serta penggunaan media walaupun dengan media yang sangat terbatas. 3. Evaluasi terlaksana, guru melaksanakan pre test, post test dan penilaian proses dan penilaian hasil.