Pembinaan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin

Main Author: Nida, Najminnur Hasanatun
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2975/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2975/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2975/
Daftar Isi:
  • Najminnur Hasanatun Nida. 2008. Pembinaan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing (I) Drs. H. Alfian Khairani,M.Pd.I,(II) Drs. H.Suriansyah Salati, M.Ag. Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi pada SDIT Ukhuwah, erat sekali kaitannya dengan peran Kepala Sekolah selaku pembina kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan kesiapan guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kompetensinya sekaligus kompetensi peserta didiknya. Kompetensi Kepala Sekolah selaku pembina didukung oleh latar belakang pendidikan akademik dan pengalaman mengajar, selanjutnya keberhasilan pembinaan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam ada relevansinya dengan peran Kepala Sekolah sebagai supervisor dan pengawas, serta kedisiplinan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kompetensinya dalam proses pembelajaran. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha-usaha pembinaan Kepala Sekolah terhadap kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, serta bagaimana unjuk kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pada aspek kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik pada SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah Field Research. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian Kepala Sekolah dan 4(empat) orang guru Pendidikan Agama Islam, Sedangkan objek penelitian adalah usaha-usaha Kepala Sekolah dalam membina kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pada aspek kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik. serta unjuk kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran.Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumenter. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk pemaparan, kemudian di analisis secara kualitatif yang pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pembinaan Kepala Sekolah terhadap kompetensi guru-guru PAI dalam melaksanakan kurikulum Pendidikan Agama Islam berbasis kompetensi berupa pelatihan-pelatihan sudah terlaksana dengan baik, sedangkan pembinaan kompetensi dalam penerapan pembelajaran PAI belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, karena.Kepala Sekolah belum intensif melaksanakan supervisi, pengawasan, dan penilaian terhadap guru PAI. Begitu pula guru-guru PAI belum kompeten pada penerapan aspek kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik, karena guru-guru PAI kurang disiplin dalam menerapkan kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SDIT Ukhuwah Banjarmasin.