Implementasi Lesson Study Berbasis MGMP PAI Oleh Guru SMPN di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

Main Author: Hajimah, Hajimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2944/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2944/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2944/3/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2944/
Daftar Isi:
  • Hajimah, Implementasi Lesson Study Berbasis MGMP PAI Oleh Guru SMPN di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan, pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M.Ag dan (II) Dr. Dina Hermina, M.Pd, Tesis, pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin Tahun, 2012. Kata Kunci: Implementasi, lesson Study, kesulitan Belajar Siswa Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Kabupaten Balangan terkait dengan kesulitan belajar siswa, oleh karena itu pembelajaran yang bersifat kolaboratif sangat diperlukan, untuk mendiagnosa kesulitan belajar tersebut, berdasarkan pemikiran tersebut, maka penulis tertarik melakukan sebuah penelitian dengan judul”Implementasi Lesson Study Berbasis MGMP PAI Oleh Guru SMPN Di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan" Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi Lesson Study berbasis MGMP PAI oleh guru SMPN Di Kabupaten Balangan, yang terdiri dari plan, do dan see, dan untuk mengetahui implementasi lesson study berbasis MGMP PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa SMPN di Kabupaten Balangan, yaitu diagnosa kejenuhan dan ketidakpahaman siswa terhadap pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, Yang digali dalam penelitian ini adalah data yang berkenaan dengan implementasi Lesson study berbasis MGMP PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, yaitu diagnosa kejenuhan dan ketidakpahaman siswa terhadap pelajaran. Dan data implementasi Lesson study berbasis MGMP PAI oleh guru SMPN di Kabupaten Balangan yan terdiri dari plan, do dan see. Subyek penelitian adalah guru PAI yang tergabung dalam MGMP PAI SMPN Kabupaten Balangan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan display data untuk selanjutnya dilakukan analisis data. Penemuan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lesson study berbasis MGMP PAI dalam mendiagnosa kesulitan belajar siswa berjalan sebagaimana mestinya, plan dibahas bersama-sama, do berjalan dengan baik sesuai perencanaan, kendala yang ditemukan antara lain;(a) penggunaan waktu kurang efektif dan efesien (b) guru kurang menguasai dan kurang terampil menggunakan model pembelajaran yang bervariasi (c) guru kurang mampu menggunakan ICT (d) media pembelajaran masih kurang (e) sarana dan prasarana belum memadai. pada tahap see ditemukan bahwa, Ketidakpahaman siswa terhadap pelajaran berawal dari kejenuhan, sehingga mereka tidak memperhatikan pembelajaran, rendahnya nilai post tes, tidak berani menyampaikan pertanyaan dan tidak mampu menjawab pertanyaan secara lisan.