Pelaksanaan Kegiatan Perbaikan dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran Rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala

Main Author: Kursani, Kursani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2940/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2940/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2940/
Daftar Isi:
  • KURSANI. 2011. Pelaksanaan Kegiatan Perbaikan dan Pengayaan dalam Proses Pembelajaran Rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Mudhiah, M.Ag, (II) M. Noor fuady, M.Ag. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala dan faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala. Berdasarkan rumusan masalah tersebut dalam penelitian ini adalah bagaimana untuk mengetahui tentang pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala dan faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru rumpun PAI pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 4 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumenter. Sedangkan pengolahan data menggunakan teknik editing dan cooding. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif dalam mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala telah berjalan sebagaimana mestinya, di mana adanya program, pelaksanaan serta evaluasi oleh guru, faktor sarana dan fasilitas yang sudah ada dan sesuai dengan pelajaran meski masih belum lengkap, faktor waktu yang sudah dipergunakan dengan seefisiennya, dan faktor dorongan dari kepala sekolah yang begitu besar yang sangat mendukung dalam melaksanakan kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Anjir Muara KM 20 Kabupaten Barito Kuala.