Kemampuan Menulis Siswa kelas V pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin

Main Author: Umi, Kalsum
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/294/1/Bab%201.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/294/2/Bab%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/294/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang kemampuan menulis siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan menulis siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Banjarmasin dengan jumlah siswa 28 siswa dan hanya 25 siswa yang melakukan tes kemampuan menulis dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik tes kemampuan, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun teknik pengolahan data adalah editing, koding, tabulating dan interpretasi data, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, diperoleh data yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa kelas V cukup baik dari segi menulis huruf (letter), menulis kata (word) dan menulis kalimat (sentence). Faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya siswa, guru, fasilitas (media), dan lingkungan.