Upaya Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di sekolah MAN 3 Banjarmasin

Main Author: Arniati, Arniati
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2891/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2891/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2891/
Daftar Isi:
  • Arniati; 2012. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di sekolah MAN 3 Banjarmasin Skripsi, Jurusan KI-BKI, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Dr.Hj.Romdiyah, M.Pd (II) Dra.Hj.Ikta Yarliani, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MAN 3 Banjarmasin. Adapun latar belakang dari penelitian ini yakni berdasarkan observasi awal diketahui bahwa waktu layanan BK yang relatif singkat dantidak adanya motivasi intrinsik yaitu motivasi yang timbul dari diri siswa itu sendiri oleh karena itu guru BK harus bisa membangkitkan motivasi belajar siswa dalam upaya guru BK meningkatkan meningkatkan motivasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling (BK) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Banjarmasin dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling (BK) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui apa saja faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan deskriptif kualitatif yang menjadi subjek adalah satu orang guru BK. Objeknya adalah mengenai upaya guru bimbingan dan konseling (BK) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 3 Banjarmasin. Tekhnik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Data yang diperoleh dari responden, informan, dan dokumen kemudian diolah dengan editing, koding, selanjutnya dianalisa secara diskriptif kualitatif dan disimpulkan dengan metode induktif. Setelah diadakan analisis data dari hasil yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling (BK) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 3 Banjarmasin oleh Bapak Abdul Gani, S.Ag yang merupakan objek dari penelitian berjalan cukup baik dan efektif dikarenakan layanan-layanan BK yang telah diberikan, berbagai macam metode yang digunakan, memberikan pujian, dan memberikan nasihat. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor guru BK, siswa yang diberi layanan BK, sarana dan prasarana BK, serta faktor waktu yang tersedia untuk BK.