perbandingan indeks prestasi belajar antara mahasiswa yang latar belakang dari jurusan IPA dan IPS pada mahasiswa angkatan 2012/2013 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin

Main Author: Irma, Helda
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2838/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2838/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2838/
Daftar Isi:
  • Helda Irma. 2013. perbandingan indeks prestasi belajar antara mahasiswa yang latar belakang dari jurusan IPA dan IPS pada mahasiswa angkatan 2012/2013 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing : Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd Kata Kunci : Perbandingan, Indeks Prestasi, Latar Belakang Jurusan IPA dan IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana indeks prestasi mahasiswa yang latar belakang dari jurusan IPA dan IPS pada mahasiswa angkatan 2012/2013 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2012/2013 yang berjumlah 115 orang. Pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sample. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari dokumentasi, wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dari responden, informan dan dokumen kemudian diolah dengan editing, klasifikasi, tabulasi, serta interpretasi data, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis statistik. Berdasarkan analisis dari data dokumentasi yang diperoleh tentang indeks prestasi mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2012/2013 yang berasal dari jurusan IPA memiliki nilai rata-rata 2,87, sedangkan untuk jurusan IPS memiliki nilai rata-rata 2,43. Berdasarkan analisis rata-rata nilai indeks prestasi dan di uji hipotesis, Indeks Prestasi belajar mahasiswa yang latar belakang dari jurusan IPA dan IPS memiliki perbedaan dari segi kuantitatif. Untuk melihat apakah perbedaan berarti atau tidak maka dilakukan uji hipotesis t. Setelah dilakukan uji hipotesis th = 3,67 yang menyatakan lebih tinggi dari harga kritik “tt” = 1,98 pada taraf signifikansi 5% dengan demikian terdapat perbedaan yang berarti antara Indeks prestasi mahasiswa yang berlatar belakang dari jurusan IPA dan IPS pada mahasiswa angkatan 2012/2013 jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin.