Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an dengan Menggunakan Metode Iqra pada Siswa Kelas I MI Siti Mariam Banjarmasin

Main Author: Faizati, Yanti
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2762/1/BAB%20I-V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2762/
Daftar Isi:
  • Yanti Faizati, A.Ma. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an dengan Menggunakan Metode Iqra pada Siswa Kelas I MI Siti Mariam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. H. Ridhani Fidzi, M.Pd. (II) Dra. Tarwilah, M.Ag. Cara membaca Al-qur’an sangat penting dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah, karena di samping MI berbasis agama, juga sangat menunjang bidang studi lain di Madrasah Ibtidaiyah seperti Fiqih, Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. Dalam mengajar membaca Al-qur’an perlu adanya metode yang tepat, agar siswa mudah memahami pelajaran tersebut, dan dengan adanya metode ini diharapkan siswa mampu meningkatkan hasil belajar. Dalam mengajar membaca Al-qur’an banyak metode-metode yang dapat digunakan seperti metode Al-Bagdadi, metode Al-Banjari, metode Tilawati, metode Attaiyah dan metode Iqra serta masih banyak lagi metode lainnya. Dalam penelitian tidakan kelas ini penulis menggunakan metide Iqra, karena penulis berpendapat metode Iqra ini selain telah memasyarakat juga dapat digunakan diberbagai kalangan mulai dari TK sampai ke Perguruan Tinggi. Dari tindakan kelas ini penulis melaksanakan 2 siklus dimana siklus pertama 2 kali pertemuan dan siklus kedua 1 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Siti Mariam yang berjumlah 16 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an tentang huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya, pengenalan huruf sambung dan pengenalan tanda panjang (مد). Data yang dikumpulkan melalui tes dan observasi data dianalisis dengan teknik presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an melalui metode Iqra dari siklus I sampai siklus II, yaitu hasil belajar siswa siklus I pertemuan I mencapai rata-rata 6,06 dan pertemuan II mencapai rata-rata 6,5. siklus II mencapai nilai rata-rata 6,93. Dalam siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat dan mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan oleh kurikulum dengan nilai rata-rata 6,00.