Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Melalui Metode Drill Kelas V SDN Munggu Raya Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar

Main Author: Ru’yani, Muhammad
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2721/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2721/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2721/
Daftar Isi:
  • Muhammad Ru’yani , 2011. Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Melalui Metode Drill Kelas V SDN Munggu Raya Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar.. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Pembimbing : Drs.H.Mujiansyah , M.Pd. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pendidikan shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam, karena shalat tidak hanya terpaku dan menjadi tanggung jawab keluarga saja, pendidikan shalat juga menjadi pembelajaran bagian dari lingkungan sekolah, sebagai tujuan menciptakan individu-individu yang taat beragama. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran shalat yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih pada Madrasah Tsanawiayah Miftahussalam Barambai Kolam Kiri Dalam. Dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran shalat yang dilakukan oleh guru fiqih pada Madrasah Tsanwiyah Miftahussalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Researeh) dalam bidang mata pelajaran fiqih. Data yang diperoleh menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokomenter. Selanjutnya data diproses melalui editing, koding dan interprestasi data. Tekhnik analisis data yang diguanakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran shalat pada Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Barambai Kolam Kiri Dalam Kabupaten Barito Kuala, berjalan dengan lancar karena guru fiqih selalau membuka pelajaran, melaksanakan pembelajaran inti dan menutup pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan didukung oleh beberapa faktor yaitu latar belakang pendidikan, pengalaman guru mengajar, dan fakor siswa.