Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI melalui pembelajaran Cooperative Learning Together kelas IV MIN Andaman II Anjir Pasar Kab. Batola

Main Author: Nirma, Nirma
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2650/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2650/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2650/
Daftar Isi:
  • Nirma, 2009. Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI melalui pembelajaran Cooperative Learning Together kelas IV MIN Andaman II Anjir Pasar Kab. Batola. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin, Pembimbing (I) Drs. Syarifuddin Syukur, MA. Dan (II) Asikin Nor, M.Ag. Kata kunci Cooperative, Together, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diajarkan kepada siswa dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan peserta didik dalam memahami peristiwa-peristiwa sejarah dan produk peradapan Islam, menghargai para tokoh – pelaku sejarah dan pencipta peradaban itu yang membawa kemajuan dan kejayaan Islam. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah disebabkan kurang dikemasnya pembelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan metode yang menarik. Metode yang sering digunakan adalah metode ceramah, sehingga pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam cenderung membosankan dan kurang menarik minat para siswa dan akhirnya berpengaruh pada hasil belajarnya. Permasalahan yang dirumuskan dalam pembelajaran ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Andaman II Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pembelajaran cooperative learning together diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV MIN Andaman II Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Setelah dilakukan perlakuan pada siklus ke-1 diperoleh nilai rata-rata 7,69 dan pada siklus ke-2 diperoleh nilai rata-rata 8,76. Dari hasil belajar yang diperoleh siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning together dapat meningkatkan minat dan hasil belajarnya. Siswa dapat bekerja sama dalam anggota kelompoknya, dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, kebersamaan dan saling membantu.