Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Main Author: Ulfah, Mariana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2634/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2634/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2634/
Daftar Isi:
  • Mariana Ulfah. 2012. Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M. Ag, (II) Dra. Raihanatul Jannah, M. Pd. Kata Kunci : Penggunaan, Media Gambar. Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan Media gambar flash card (kartu kecil yang berisi gambar) pembelajaran Matematika pada Madrasah Ibtidaiyah Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dengan rumusan masalah, yaitu Bagaimana Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Subjek penelitian ini adalah guru Matematika kelas II dan 29 orang siswa. Objek penelitian ini adalah Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Geometri dan Pengukuran Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar flash card (kartu kecil yang berisi gambar) pembelajaran Matematika pada Madrasah Ibtidaiyah Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah terlaksana dengan baik. Dari segi Perencanaan baik kerena dilihat dari beberapa indikator seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Perumusan tujuan dalam memamfaatkan media, Pemilihan dan penetapan media gambar yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Dilihat dari segi pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan teori pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran adalah faktor guru yang cukup mendukung karena mempunyai latar belakang pendidikan PAI tapi dengan pengalaman mengajar selama 11 tahun dan mengikuti pelatihan diklat sertifikasi guru, faktor siswa yang meliputi minat dan perhatian, Faktor alokasi waktu serta faktor sarana dan prasarana.