Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas III Di MIN Tengkawang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun Pelajaran 2011/2012

Main Author: Sahid, Abdus
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/2/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/
ctrlnum 2616
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas III Di MIN Tengkawang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun Pelajaran 2011/2012</title><creator>Sahid, Abdus</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Abdus Sahid. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas III Di MIN Tengkawang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. PTK. Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs. Rizali Hadi, M.Pd &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih di MIN Tengkawang. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat operasional.&#xD; Fiqih secara umum merupakan salah satu bidang studi Islam yang banyak membahas tentang hukum antara manusia dengan Tuhannya, antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Sedangkan metode demonstrasi merupakan metode yang paling sederhana dibandingkan dengan metode-metode mengajar lainnya. Metode ini lebih sesuai untuk mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang merupakan suatu gerakan-gerakan suatu proses maupun hal-hal yang bersifat rutin.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di MIN Tengkawang, dengan jumlah siswa 18 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui dua siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya pra tindakan yaitu identifikasi tentang metode demonstrasi, kemudian dilaksanakan siklus I sebagai penerapan metode demonstrasi, dan siklus II sebagai implementasi pelaksanaan metode demonstrasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes.&#xD; Berdasarkan dari hasil tes pada siklus II disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Fiqih dapat kita lihat dari hasil hasil persentasi siswa yang tuntas 16 orang (88 %) dan siswa yang belum tuntas 2 orang (28 %). Dari hasil observasi, analisis dan refliksi bahwa guru telah melakukan berbagai perubahan yang menunjukkan berbagai perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga terjadi kualitas pembelajaran sesuai yang diharapkan dalam upayaa mencapai tujuan yang direncanakan. Melalui dua kali penelitian yang dilakukan penelitian yaitu dari tindakan pertama dan kedua prestasi dan aktivitas siswa dalam belajar secara terus menerus mengalami peningkatan. Secara umum pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi pada materi sholat rawaatib terlihat mengalami peningkatan dan kemajuan yang cukup baik.</description><date>2011</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/2/BAB%20V.pdf</identifier><identifier> Sahid, Abdus (2011) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas III Di MIN Tengkawang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. [Skripsi] </identifier><recordID>2616</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sahid, Abdus
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas III Di MIN Tengkawang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun Pelajaran 2011/2012
publishDate 2011
topic L Education (General)
url http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/2/BAB%20V.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2616/
contents Abdus Sahid. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Melalui Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas III Di MIN Tengkawang Kecamatan Labuan Amas Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. PTK. Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs. Rizali Hadi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih di MIN Tengkawang. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci dan bersifat operasional. Fiqih secara umum merupakan salah satu bidang studi Islam yang banyak membahas tentang hukum antara manusia dengan Tuhannya, antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Sedangkan metode demonstrasi merupakan metode yang paling sederhana dibandingkan dengan metode-metode mengajar lainnya. Metode ini lebih sesuai untuk mengajarkan bahan-bahan pelajaran yang merupakan suatu gerakan-gerakan suatu proses maupun hal-hal yang bersifat rutin. Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di MIN Tengkawang, dengan jumlah siswa 18 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui dua siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya pra tindakan yaitu identifikasi tentang metode demonstrasi, kemudian dilaksanakan siklus I sebagai penerapan metode demonstrasi, dan siklus II sebagai implementasi pelaksanaan metode demonstrasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes. Berdasarkan dari hasil tes pada siklus II disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Fiqih dapat kita lihat dari hasil hasil persentasi siswa yang tuntas 16 orang (88 %) dan siswa yang belum tuntas 2 orang (28 %). Dari hasil observasi, analisis dan refliksi bahwa guru telah melakukan berbagai perubahan yang menunjukkan berbagai perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran sehingga terjadi kualitas pembelajaran sesuai yang diharapkan dalam upayaa mencapai tujuan yang direncanakan. Melalui dua kali penelitian yang dilakukan penelitian yaitu dari tindakan pertama dan kedua prestasi dan aktivitas siswa dalam belajar secara terus menerus mengalami peningkatan. Secara umum pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi pada materi sholat rawaatib terlihat mengalami peningkatan dan kemajuan yang cukup baik.
id IOS4802.2616
institution Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
institution_id 1009
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
library_id 907
collection Institutional Digital Repository Perpustakaan UIN Antasari
repository_id 4802
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4802
first_indexed 2017-10-30T02:14:50Z
last_indexed 2017-10-30T02:14:50Z
recordtype dc
_version_ 1683450872590237696
score 17.538404