Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Main Author: Tarwiyatun, Cucu
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2594/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2594/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2594/
Daftar Isi:
  • CUCU TARWIYATUN. 2011. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (1) Drs. H. Sarkati, M.A.g ( II ) Drs. H. Mujiansyah, M.P.d Keberhasilan siswa dalam memahami materi dalam proses pembelajaran pada hakikatnya merupakan tujuan dari setiap pembelajaran. Untuk mengetahui perkembamgan dan kemajuan belajar yang dicapai siswa selama mengikuti pembelajaran matematika diperlukan adanya evaluasi. Evaluasi merupakan kegiatan mengukur dan menilai terhadap hasil belajar siswa di dalam proses pembelajaran, karena itu peranan seorang guru sangat diperlukan sehingga ia harus mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan evaluasi tersebut. Penelitian ini mengungkapkan tentang pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang perumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika kelas IV di MIN I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika di MIN I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika kelas IV di MIN I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan evaluasi pembelajaran matematika kelas IV di MIN I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran matematika kelas IV di MIN I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah satu orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing dan koding, setelah data diolah seterusnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Dari hasil penelitian tetlihat bahwa pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran matematika di MIN I Pelaihari Kabupaten Tanah Laut belum sepenuhnya terlaksana, dimana dari berbagai aspek yang terdapat dalam evaluasi masih terdapat kekurangan, yaitu yang sangat menonjol terutama pada aspek verifikasi data hasil evaluasi. Dari berbagai faktor yang ada yang kurang mendukung terhadap pelaksanaan evaluasi yaitu faktor latar belakang guru dan waktu.