PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITIES PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TELAGA JINGAH KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Main Author: Ahmad Kurniadi, Lili Suryani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
etc
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/233/1/BAB%20I%20NADI%20tanpa%20alasan%202.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/233/2/BAB%20III%20NADI.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/233/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan tentang Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Activitiespada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Telaga Jingah, dengan rumusan masalah, yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran outdoor activities pada mata pelajaran IPA dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran outdoor activities pada mata pelajaran IPA di MIN Telaga Jingah. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA yang mengajar di kelas V sebanyak 1 orang dan seluruh siswa kelas V yang berjumlah 12 orang di MIN Telaga Jingah. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran outdoor activitiespada mata pelajaran IPA di MIN Telaga Jingah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran outdoor activities pada mata pelajaran IPA di MIN Telaga Jingah sudahterlaksanadenganbaik, haliniterlihatdaridilaksanakannyatahapandalam model pembelajaran outdoor activities sesuaidenganteori yang ada, guru telahmerumuskandengantelitipengalamanbelajaryang direncanakan, menentukanbentukkegiatan yang akandigunakan, menjelaskantentangaturandalampembelajarandengan outdoor activities, menyajikanpengalaman yang bersifatmenantangdanmemotivasisiswa, menentukanwaktupelaksanaankegiatan, menentukanruteperjalanan outdoor activities. Padaaspek yang lainjugasudahcukupbaikkarenasiswasudahsiapdanantusiasuntukmemulaipelajaran, siswadapatbekerjadalamkelompok-kelompokkecil, parasiswasecaraaktifberperansertadalampembentukanpengalaman, namunbelummaksimalterutamapadaaspeksiswabekerjasecara individual. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerapan Model Pembelajaran Outdoor Activities adalah faktor guru yang cukup mendukung meskipun berlatar belakang pendidikan PAI tapi dengan pengalaman mengajar selama 6 tahun dan mendapatkan sertifikasi guru serta rajin membaca-baca buku yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA, faktor siswa yang meliputi minat dan perhatian, faktor