Saluran Distribusi dan Promosi Amplang pada Industri Kecil Mia Lestari dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Tinjauan Aspek Manajemen Pemasaran Syariah)

Main Author: Abdurrahim, Abdurrahim
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2324/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2324/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2324/
Daftar Isi:
  • Abdurrahim, 2011. Saluran Distribusi dan Promosi Amplang pada Industri Kecil Mia Lestari dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Tinjauan Aspek Manajemen Pemasaran Syariah). Skripsi, Jurusan Ekonomi Islam, FakultasSyariah. Pembimbing : (I) Dra. Hj. MashunahHanafi, MA.. Pembimbing (II) Muhaimin, S.Ag., MA. Skripsi ini disusun berdasarkan suatu penelitian lapangan (field research), yang dilakukan dengan cara mengamati langsung kelapangan, sebagai bentuk penelitian yang mendalam tentang suatua spekbisnis yang berkenaan dengan “Saluran Distribusi dan Promosi Amplang” dengan pendekatan diskriptif kualitatif, yaitu data yang ditemukan dari pernyataan seseorang (yang bukan data statistik) lalu digambar kandan diuraikan. Adapun lokasi penelitian adalah Industri Kecil Mia Lestari. Penelitian ini didasarkan oleh tiga permasalahan: 1. Bagaimana saluran distribusi dan promosi Amplang pada Industri Kecil Mia Lestari dalam meningkatkan volume penjualan? 2. Apasajakendala yang dihadapi dalam melakukan saluran distribusi dan promosi Amplang? 3. Bagaimana tinjauan aspek manajemen pemasaransyariah? Metode yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Sedangkan analisisnya dengan teknik deskriptif dengan mengacupa dalan dasan teori yang ada dan mengacu pada aspekmana jemen pemasaran syariah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah saluran distribusi dan promosi Amplang yang digunakan Industri Kecil Mia Lestari dalam meningkatkan volume penjualanialahdalamsalurandistribusidenganmenjualproduknyalangusungkepadakonsumen, kemudianketoko-tokodanhipermartsertakepadapengecer yang membawakedaerah Jakarta dan Surabaya. Sedangkanpromosidenganmengikuti seminar yang diadakanolehlembagapemerintahmaupunswasta, pameran-pameransertamelalui media televisi. Kendala yang dihadapidalamrangkamenjalankansalurandistribusiialahpadatoko-tokopembeli yang tidakbayarsecaralangsungpadawaktutransaksiprodukAmplang, adanyatoko yang menjelekkanprodukAmplang, sertabanyaknyajenisproduksama yang dijualdalamsatutoko.SedangkankendalapadapromosiprodukAmplangpadaIndustri Kecil Mia Lestari tidakada. Selainitujugadapatdiketahui, kegiatanbisnisprodukAmplangIndustri Kecil Mia Lestari baikdarisegisalurandistribusimaupunpromosi, kendala yang dihadapidalammeningkatkan volume penjualan,