Efetivitas Aplikasi Nazhariatul Furu’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008

Main Author: Arifansyah, Agus
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2291/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2291/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2291/
Daftar Isi:
  • Agus Arifansyah. 2009.Efetivitas Aplikasi Nazhariatul Furu’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Jurusan pendidikan Bahasa arab, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Abu Qasim, M.Ag (II) Hj. Mila Hasanah, M.Ag. Di dalam pengajaran bahasa Arab ada suatu sistem yang sudah lama diterapkan, sehingga sudah menjadi tradisi. Sistem ini disebut dengan Teori Nazhariatul Furu’. Teori ini diterapkan pada Madrasah Aliyah pondok pesantren Darul Hijrah Putera Martapura. Berdasarkan dari latar belakang di atas penulis melakukan penelitian yang diberi judul “Efektivitas Aplikasi Nazhariatul Furu’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008” Masalah dari penelitian ini adalah (1) Semaksimal apa aplikasi Nazhariatul Furu’ dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008. Dan (2) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhinya Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang efektivitas aplikasi Nazhariatul Furu’ dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Ajaran 2007/2008 dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian dalam penelitian ini tiga orang guru bahasa Arab yang mengajar di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008 dan objek penelitian ini adalah Efektivitas Aplikasi Nazhariatul Furu’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008. Pada pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik sebagai berikut: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Kemudian semua data yang terkumpul diproses melalui pemeriksaan, pengklasifikasian, dan penyusunan, dan pembuatan kesimpulan dengan menggunakan metode Induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Aplikasi Nazhariatul Furu’ Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra Cindai Alus Martapura Tahun Pelajaran 2007/2008 sangat efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab ialah alokasi waktu, teknisi pengajar atau guru dan sarana yang sesuai dengan pembelajaran bahasa Arab.