Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan Verbal dan Non Verbal pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Banjarmasin
Main Author: | Marzuki, Marzuki |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/2173/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/2173/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/2173/ |
Daftar Isi:
- Marzuki, 2012, Keterampilan Guru dalam Memberikan Penguatan Verbal dan Non Verbal pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: (1) Drs. H. Syarifuddin. SY, M.Ag (2) Dra. Hj. Syafiah, M.Pd.I Penelitian ini berbicara tentang keterampilan guru dalam memberikan penguatan verbal dan non verbal pada mata pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Banjarmasin. Masalah yang ingin diteliti adalah keterampilan guru dalam memberikan penguatan verbal dan non verbal pada mata pelajaran PAI di madrasah tersebut. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam memberikan penguatan verbal dan non verbal pada mata pelajaran PAI. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru mata pelajaran PAI pada Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Banjarmasin, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah keterampilan guru dalam memberikan penguatan verbal dan non verbal pada mata pelajaran PAI. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, koding serta klasifikasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru dalam memberikan penguatan verbal dan non verbal pada Mata Pelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan Banjarmasin adalah: (1) Rata-rata keterampilan guru dalam memberikan penguatan verbal adalah 3,2 dan termasuk kategori terampil, (2) rata-rata keterampilan guru dalam memberikan penguatan non verbal adalah 2,8 dan termasuk kategori terampil.