Upaya Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas II di MIN Mandala Murung Mesjid Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Main Author: | Jaya, Surya |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://idr.uin-antasari.ac.id/2012/1/BAB%20I.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/2012/2/BAB%20IV.pdf http://idr.uin-antasari.ac.id/2012/ |
Daftar Isi:
- Surya Jaya. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas II di MIN Mandala Murung Mesjid Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Nida Mufidah, M. Pd, (II) Raida Asfihana, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dengan menggunakan media visual, meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak didik kelas II dengan menggunakan media visual sebagai media pembelajaran, mengetahui kesungguhan siswa dalam mengikuti pelajaran tentang penguasaan kosakata bahasa Inggris, dan mengetahui faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Setting Penelitian dilaksanakan di MIN Mandala Murung Mesjid Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sasaran Tindakan adalah peningkatan kemampuan penguasaan kosakata dengan menggunakan media visual sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tes/penugasan. Teknik analisis data penelitian yang dipakai adalah model siklus. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) evaluasi (evaluating) dan (5) refleksi (reflekting). Penelitian ini bersifat siklus yang berarti penelitian dilakukan secara berulang. Hasil penelitian ini, yakni (1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata meningkat, dengan tidak terpaku pada buku paket saja, (2) kualitas penguasaan kosakata anak didik kelas I meningkat dari siklus sebelumnya yaitu pada siklus I siswa hanya menguasai sedikit kata dasar, tetapi pada siklus II siswa menemukan banyak kata dasar serta beberapa siswa menemukan kata ulang, (3) semangat dan keseriusan siswa dalam belajar tercipta setelah dihadirkan media visual sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris, dan (4) guru berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan keterbatasan yang ada.