Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala

Main Author: Husina, Ulfia
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/2011/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2011/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/2011/
Daftar Isi:
  • Ulfia Husina. 2013. Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hj. Mila Hasanah, M.Ag. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar bahasa Arab sangat penting, terutama ketika bahasa Arab sebagai sebuah bahasa asing dalam komunitas tertentu. Dengan penggunaan media pembelajaran yang tepatakan memudah kandalam proses penyampaian materi dan pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penggunaan media dalam pembelajaran juga membantu siswa untuk lebih memahami materi. Penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala, sertafaktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi proses penggunaan media dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, jadi penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang pelaksanaan penggunaan media pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah IbtidaiyahNurulIhsanKabupaten Barito Kuala, sertafaktor-faktor yang mempengaruhipenggunaan media pembelajarantersebut. Subjekdalampenelitianiniadalahsatu orang guru yang mengajarbahasaArab.Sedangkanobjekpenelitianiniadalahpenggunaan media pembelajaranpadamatapelajaranbahasa Arab di Madrasah IbtidaiyahNurulIhsanKecamatanMekarsariKabupten Barito Kuala danfaktor-faktor yang mempengaruhipenggunaan media pembelajarantersebut. Teknik yang digunakanuntukmengumpulkan data adalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Kemudian data tersebutdiolahdenganmenggunakanteknik editing, kodingdanklasifikasidata.Untukanalisis data menggunakananalisisdeskriptifkualitatif, kemudiandiambilkesimpulandenganmenggunakanmetodeinduktif. Hasildaripenelitian yang penulislakukandapatdisimpulkanbahwapenggunaan media pembelajaranbahasa Arab masihbelum optimal.Meskipun media yang tersediadapatdikatakanlengkap, halinikarenawaktu yang tidakmencukupidankurangnyakemampuan guru dalampenggunaan media dalampembelajaranbahasa Arab.