Pengaruh Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Marketing PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Banjarmasin

Main Author: Normakiah, Hajjah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1998/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1998/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1998/
Daftar Isi:
  • Hajjah Normakiah 2012. Pengaruh Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Marketing PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Banjarmasin. Skripsi. Jurusan Ekonomi Islam. Fakultas Syari’ah. Pembimbing (I) Dra. Hj. Masyithah Umar, M.Hum Pembimbing (II) Drs. H. Syahrudi. Skripsi ini ditulis, Dengan semakin berkembangnya zaman, perusahaan dituntut untuk selalu meningkatkan produktivitas kerjanya agar mampu bertahan dalam persaingan. Sumber daya manusia sebagai salah satu aset penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan. Perusahaan harus selalu mempertahankan dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Strategi yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan insentif. Diharapkan dengan terpenuhinya pemberian insentif maka karyawan labih terdorong untuk memberikan produktivitas kerja terbaiknya kepada perusahaan. Penelitian ini tentang pengaruh insentif terhadap produktivitas kerja karyawan marketing PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Banjarmasin. Bertujuan untuk mengetahui apakah insentif berpangaruh pada produktivitas kerja karyawan, dan untuk mengetahui faktor insentif yang paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan serta untuk mengetahui pandangan Islam terhadap penentuan insentif. Adapun signifikasi yang diharapkan dapat menambah bahan informasi untuk mengembangkan ilmu pengatahuan dalam bidang ilmu Ekonomi Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan dan menjelaskan variabel-variabel independen seperti insentif (Material, non material dan sosial insentif) sejauh mana pengaruhnya terhadap produktivitas kerja karyawan marketing PT. Asuransi Takaful Umum Banjarmasin, dengan pengolahan data menggunakan statistic. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya faktor insentif yang terdiri dari material insentif, non material insentif dan sosial insentif berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan marketing PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Banjarmasin, sedangkan faktor insentif yang lebih dominan adalah material insentif dan penentuan insentif dalam Islam berdasarkan jasa kerja atau kegunaan atau manfaat tenaga seseorang, dengan syarat harus jelas dalam kontrak kerja seorang tenaga penjual pada transaksi awal.