Penerapan Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur'an An-Nahdliyah di TPA Darul Muttaqin Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut

Main Author: Muntaqiah, Muntaqiah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://idr.uin-antasari.ac.id/1992/1/BAB%20I.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1992/2/BAB%20IV.pdf
http://idr.uin-antasari.ac.id/1992/
Daftar Isi:
  • MUNTAQIAH. 2011. Penerapan Metode Cepat Tanggap Belajar Al-Qur'an An-Nahdliyah di TPA Darul Muttaqin Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (1) Drs. H. Hamdan, M.Pd (II) Drs. Humaidy, M.Ag. Metode CTBA An-Nahdliyah adalah metode baca Al-Qur'an dan satu-satunya yang menerapkan metode ini di daerah Kalimantan Selatan adalah TPA Darul Muttaqin Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut, semantara di daerah Jawa Timur 60% TPA sudah menerapkannya. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode CTBA An-Nahdliyah di TPA Darul Muttaqin Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bertitik tolak dari permasalahn tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode CTBA An-Anhdliyah dalam pembelajaran Al-Qur'an dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru Al-Qur'an, sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah penerapan metode CTBA An-Nahdliyah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan interprestasi data. Menganalisis data tentang penerapan metode CTBA An-nahdliyah, faktor-faktor yang mempengaruhinya dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan ditarik kesimpulan dengan metode induktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode CTBA An-Nahdliyah di TPA Darul Muttaqin ini terleksana dalam katagori cukup terlaksana dengan indikasi terlaksananya sebagian besar aspek-aspek penerapan metode CTBA An-Nahdliyah. Adapun latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru yang cukup mampu, sehingga penerapan metode CTBA An-Nahdliyah dapat berjalan dengan cukup lancar dan dapat dikatakan cukup terlaksana. Selain itu ada faktor-faktor yang sudan mencukupi dan fasilitas yang tersedia juga cukup memadai.